Sejarah Sepakbola Modern Yang Menjadi Awal Mula Sepakbola Modern

Sejarah Sepakbola Modern

Menjadi salah satu permainan kuno namun memiliki banyak penggemar di seluruh dunia ini. Siapa sangka jika permainan sepakbola memiliki sejarah panjang yang dapat dikelompokkan menjadi beberapa sejarah penting lahirnya permainan ini. Salah satu sejarahnya adalah sejarah sepakbola modern yang ternyata sudah ada di zaman kerajaan.

Sejarah Sepakbola Modern Dimulai Abad Ke 16

Melihat panjangnya sejarah yang ada di permainan prediksi asian bookie sepakbola tidak mengherankan jika banyak yang bertanya-tanya. Terutama pertanyaan seputar sejarah sepakbola modern. Kapan sebenarnya sejarah sepakbola ini bisa dikatakan sebagai sepakbola modern? Apabila penasaran, maka jawabannya bisa didapatkan di bawah.

1. Romans Membawa Permainan Sepakbola ke Inggris

Perkembangan pertama dari sejarah sepakbola modern ini dimulai dari para orang Roma atau sebutannya Romans yang membawa permainan ini ke Inggris. Awalnya masyarakat Roma hanya memperkenalkan permainan ini sebagai ajang untuk bersenang-senang. Tapi siapa sangka jika orang Inggris ternyata sangat menyukai permainan ini.

Dimulai dari pengenalan inilah yang dianggap sebagai awal mula sepakbola modern nantinya berkembang. Banyak masyarakat Inggris yang mulai menjadikan sepakbola ini sebagai pertandingan olahraga baik itu lingkungan kecil maupun besar. Bahkan kepopuleran sepakbola pada saat itu menjadikannya sebagai permainan yang mulai dipertandingkan di depan para raja.

2. Pelarangan Permainan Sepakbola

Meskipun memiliki banyak penggemar dan banyak yang menyajikan pertandingan sepakbola ini, siapa sangka bahwa permainan ini sempat mendapatkan larangan untuk dimainkan. Larangan ini turun dari para raja yang berkuasa pada saat itu. Pelarangan tersebut didasari oleh permainan sepakbola yang pada saat itu dianggap kasar, dan sering disebut permainan “bar-bar”.

See also  Sejarah Sepakbola Dunia yang Menarik untuk Disimak

Selain kekerasan, sepakbola juga saat itu belum memiliki hal yang jelas. Hal inilah yang menyebabkan setiap pertandingan sepakbola menjadi carut marut. Karenanya Raja Edward III pada saat itu resmi melarang dan menghentikan setiap pertandingan sepakbola. Seakan ikut mengamini, Raja Louis I dari Skotlandia juga melarang adanya pertandingan sepakbola.

3. Sepakbola Dimainkan Di Pertandingan Universitas

Sejarah sepakbola modern selanjutnya menjelaskan bagaimana perlahan permainan ini diperbaiki citranya melalui beberapa pertandingan kecil. Pertandingan tersebut hanya sekitar antar kampus, dan antar sekolah. Bahkan tidak jarang pertandingan ini dilakukan secara diam-diam karena pada saat itu status sepakbola masih dilarang.

Kejadian bangkitnya kembali sepakbola ini tercatat sejarah pada tahun 1815. Dimana banyak sekali universitas serta sekolah pada saat itu mengadakan kembali pertandingan ini. Demi menghindari adanya korban karena permainan ini pada saat itu identik dengan kekerasan, dibuatlah sebuah peraturan sederhana link sbobet. Peraturan ini biasanya disetujui oleh kedua pihak dan hanya berlaku saat itu saja.

4. Kelahiran Kembali Sepakbola

Sepakbola kembali menunjukkan tajinya sebagai olahraga populer dimulai pada tahun 1863. Pada saat itu di daerah Freemasons Tavern diadakan pertandingan sepakbola yang lumayan besar. Pertandingan itu mengundang sekitar 11 tim untuk berpartisipasi pada pertandingan ini. Pada pertandingan itu juga peraturan dibuat dengan seniat mungkin demi menghindari konflik.

Sebenarnya peraturan permainan yang digunakan pada saat itu adalah peraturan yang dibuat di Cambridge pada tahun 1848. Tapi saat itu peraturannya masih mentah dan belum menemui titik terang di beberapa kebutuhan dari pemainnya. Karena itulah pertandingan ini mulai menggunakan peraturan yang sama namun lebih diperbaiki lagi.

5. Inggris Mengembangkan Permainan Sepakbola

Karena pertandingan tersebut menggunakan peraturan yang dianggap jelas dan bisa meminimalisir kerusakan, maka sepakbola mulai kembali dikembangkan. Pada tahun yang sama yakni 1863 lembaga sepakbola pertama dibentuk di Inggris. Lembaga ini bertanggung jawab untuk menentukan peraturan dan teknik bermain sepakbola yang dianggap pantas.

See also  Sejarah Sepakbola Kuno yang Ternyata Sudah Ada Sejak Beribu Tahun Lalu

Selanjutnya pada tahun 1869 pemisahan secara jelas dilakukan antara permainan rugby dan sepakbola. Dimana salah satu aturan yang ditetapkan, permainan sepakbola tidak lagi memperbolehkan permainan ini menggunakan tangan. Karena hal inilah sepakbola mulai kembali digemari dan oleh para masyarakat Inggris dibawa ke berbagai negara yang mereka kunjungi.

6. Munculnya Liga Sepakbola Pertama

Karena perkembangan pesat inilah mulai diadakan pertandingan yang bersifat resmi dan nasional. Pertandingan tersebut bernama piala FA atau singkatannya football association. Piala FA ini pertama kali diadakan pertama kali pada tahun 1871-1872. Tim yang saat itu menjadi pemenang untuk pertama kalinya adalah tim wanderers.

Saat itu tercatat ada tujuh belas (17) tim yang ikut berpartisipasi. Karena pada saat itu piala FA merupakan liga bergengsi pertama yang diadakan, maka tidak heran jika sampai sekarang kejuaraan ini masih diselenggarakan. Bahkan piala FA ini dijuluki sebagai liga tertua yang ada di dunia, dan inilah salah satu alasan mengapa Inggris disebut home of football.

7. Pembentukan FIFA

Meskipun sudah ada pertandingan piala FA namun kenyataannya pada saat itu federasi sepakbola tertinggi yang saat ini dikenal dengan FIFA belum terbentuk. Federasi ini baru terbentuk beberapa puluh tahun setelahnya tepatnya pada tahun 1904 di Paris. Lembaga FIFA ini merupakan gabungan dari beberapa federasi yang ada di dunia.

Karena didirikan di Paris, maka singkatan FIFA adalah Fédération Internationale de Football Association. Asosiasi ini didirikan pada 21 Mei 1904. Meskipun didirikan di Paris, tapi markas utama federasi ini berada di Zurich, Swiss. Pada saat itu Robert Guerin menjabat sebagai presiden pertama FIFA dari tahun 1905 – 1906.

See also  Sejarah Sepakbola Dunia yang Menarik untuk Disimak

8. FIFA World Cup Pertama Kali Diadakan

Pertandingan piala dunia atau mungkin lebih dikenal dengan FIFA world cup akhirnya pertama kali diadakan pada 1930. Kompetisi ini sebenarnya bukan kompetisi antar negara pertama yang diselenggarakan. Hanya saja kompetisi ini menjadi spesial karena merupakan kompetisi sepakbola terbesar yang diikuti oleh seluruh negara di belahan dunia.

Lahirnya pertandingan sepakbola kelas dunia ini didasari oleh keinginan presiden FIFA pada masa tersebut Jules Rimet akan pertandingan bola yang terpisah dari olimpiade. Karena hal tersebutlah pada saat kongres FIFA di Amsterdam, diputuskan akan ada pertandingan sepakbola profesional secara terpisah. Lalu pada tahun 1930 piala dunia pertama diadakan di Uruguay.

9. Permainan Bola Menjadi Permainan Favorit

Karena perkembangan tersebutlah permainan sepakbola ini mulai menjadi permainan favorit hampir di setiap negara. Belum lagi gegap gempita perayaan empat tahun sekali fifa world cup yang sangat dinantikan oleh setiap warga di seluruh dunia. Fakta menarik terkait fifa world cup, pada tahun 1942 – 1946 world cup ini tidak diadakan karena saat itu sedang terjadi perang dunia II.

Meskipun begitu, tetap tidak mengurangi kecintaan masyarakat terhadap turnamen ini. Bahkan rakyat semakin jatuh cinta saja dengan permainan ini. Penyebaran sepakbola ini juga dilakukan tidak hanya melalui turnamen, tapi juga melalui permainan rakyat. Sebuah fakta menyebutkan bahwa setiap harinya ada sekitar 200 juta masyarakat di seluruh dunia yang menyaksikan pertandingan sepak bola.

Melihat perkembangan sepakbola sekarang tentu tidak terlepas dari sejarah sepakbola modern awal yang menjadi cikal bakal kesuksesan sepakbola sekarang. Perkembangan ini juga tidak bisa dipisahkan dari negara-negara sebelumnya yang sudah turut memperjuangkan perkembangan permainan ini.

You May Also Like

About the Author: Hellen Yost