Sejarah Sepakbola Kuno yang Ternyata Sudah Ada Sejak Beribu Tahun Lalu

Bola Online Kuno

Bermain sepakbola memang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Namun pernahkan sesekali terfikirkan dari mana awal permainan ini tercipta? Negara mana yang pertama kali menemukannya? Pasti membuat penasaran kan. Karena hal itulah disini akan dibahas sejarah sepakbola kuno yang semoga bisa menjawab rasa penasaran tersebut.

Unsur-unsur Sejarah Sepakbola Kuno

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa di sini akan membahas sejarah sepakbola kuno. Dari mulai sepakbola tersebut pertama kali ditemukan, sampai pakaian apa yang pemainnya kenakan. Pasti ada perbedaan signifikan dengan sepakbola yang sering disaksikan sekarang. Lalu apa saja sih perbedaannya?

1. Pertama Kali Sepakbola Ada

Bila membahas tentang sejarah sepakbola kuno tidak lengkap rasanya jika tidak membahas dari awal pertama kali permainan ini ada. Banyak yang mengatakan bahwa permainan ini dimulai dari tahun 1896, padahal usia permainan ini jauh lebih tua dari tahun tersebut. Menurut sejarah yang ada, permainan ini sudah ada sejak 3000 sebelum masehi.

Ada dua sejarah yang mencatat pertama kali kemunculan permainan menendang bola ini. Sejarah pertama yang menyatakan bahwa permainan ini pertama kali muncul di China sebagai permainan tradisional yang dilakukan dengan bertelanjang kaki. Permainan ini sering dimainkan oleh para lelaki masyarakat sekitar dan permainan ini dimulai dari masa dynasti Han.

Sejarah yang lainnya mencatat bahwa permainan ini dimainkan oleh orang suku asli Mesoamerican pada sekitar beberapa ribu tahun lalu. Tepatnya sekitar lebih dari 3000 tahun yang lalu. Namun sedikit berbeda dengan permainan di Negara China pada masa itu, suku Mesoamerican ini menggunakan permainan sepakbola sebagai salah satu undian persembahan.

2. Perkembangan Sepakbola Kuno

Berangkat dan berkembang dari permainan yang ada, sejarah pun mencatat beberapa negara yang sudah memainkan permainan ini sejak dahulu kala. Negara pertama yang tercatat dalam sejarah adalah Jepang. Pada saat itu di Jepang permainan ini disebut Kemari dengan memainkan sebuah benda yang berbentuk bola dengan gaya khas masyarakat pada saat itu.

READ  Sejarah Sepakbola Dunia yang Menarik untuk Disimak

Sejarah mencatat bahwa Negara Jepang ini memainkan permainan seperti sepakbola ini sejak dibawa dari Negara China. Hal itu pun terjadi setelah 500 – 600 tahun permainan ini ditemukan di negara aslinya. Lalu di belahan bumi lain yakni eropa, sejarah mencatat Yunani dan Roma lah yang menjadi negara selanjutnya yang memainkan sepakbola kuno.

Suku di Yunani yang bernama Episkyros tercatat sejarah pernah memainkan permainan yang diduga menjadi cikal bakal sepakbola. Negara lainnya yakni Roma juga tercatat memainkan sepakbola kuno ini. Bahkan Roma lah yang membawa kebiasaan memainkan permainan ini ke Inggris, dan memperkenalkannya. Inilah yang menjadi cikal bakal sejarah sepakbola modern.

3. Pertandingan Kuno

Poin selanjutnya dari sejarah sepakbola kuno ini adalah pertandingan kuno terkait permainan ini. Dimulai dari suku mesoamerican yang menyelenggarakan pertandingan sepakbola kuno ini sebagai salah satu ajang mencari persembahan. Pada kebudayaan mesoamerican ini pertandingan akan dilaksanakan dengan menggunakan sesuatu yang menyerupai bola.

Uniknya masyarakat setempat saat itu mempercayai bahwa bola yang ada tersebut adalah matahari. Pada pertandingan tersebut akan ada dua orang atau tim yang bertanding. Bagi yang kalah akan jadi persembahan atau dikorbankan kepada tuhan sesuai kepercayaannya. Hal ini sedikit berbeda dengan pertandingan yang ada di dinasti Han.

Pada pertandingan kuno sepakbola di dinasti Han tidak ada sejarah yang mencatat secara detail untuk apa pertandingan tersebut dilakukan. Tapi meskipun begitu, beberapa sejarah mencatat bahwa pertandingan ini dilaksanakan hanya sebagai pesta rakyat yang akan diadakan oleh pihak kerajaan. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi pada yang menang ataupun yang kalah.

READ  Sejarah Sepakbola Dunia yang Menarik untuk Disimak

4. Bola yang Digunakan

Sejarah sepakbola kuno selanjutnya tentu membahas bola apa yang digunakan. Jangan bayangkan bola sepakbola kuno seperti sekarang yang terbuat dari bahan sintetis dengan bentuk bulat sempurna. Tentu saja bukan. Bahan dari bola sepakbola kuno ini biasanya menggunakan bahan alami dan bentuknya tidak bulat sempurna.

Di Negara China yakni pada dinasti Han, bola yang ada terbuat dari bulu hewan. Nantinya bulu hewan tersebut akan diisi dengan bulu ataupun rambut yang dibentuk sedemikian rupa agar mudah untuk dimainkan. Bola ini sejarah menyebutkan bahwa ukuran yang dibuat tidak terlalu besar namun tetap memiliki bobot yang cukup lumayan.

Lain halnya lagi dengan suku mesoamerican yang menggunakan bola yang terbuat dari batu. Bayangkan saja betapa keras dan susahnya memainkan bola tersebut. Karena hal itulah negara kuno lain yang nantinya juga mengadaptasi permainan ini lebih memilih bahan bola yang digunakan pada dinasti Han.

5. Aturan Permainan

Selanjutnya yang akan dibahas dalam sejarah sepakbola kuno adalah aturan permainannya. Dimulai dari masa dinasti Han yang aturan mainnya cukup jelas. Permainan kuno yang diberi nama Tsu-Chu ini telah mengatur mulai dari cara mengoper bola bahkan sampai bagian tubuh apa saja yang boleh dimainkan dalam permainan ini. Bahkan sudah ada net atau gawang dengan ukuran kecil disediakan.

Permainan tsu chu ini tidak mengizinkan tim manapun untuk melewati tim lawan dengan curang dan tanpa hambatan. Bagian tubuh yang digunakan hanya boleh digunakan adalah kaki, dada, dan punggung. Jadi dimulai dari sinilah handsball dilarang. Permainan selanjutnya dari mesoamerican yang memiliki aturan main cukup menyeramkan dimana kapten tim yang kalah akan dijadikan persembahan.

READ  Sejarah Sepakbola Dunia yang Menarik untuk Disimak

Berlanjut ke sejarah sepakbola kuno yang mulai diminati di Jepang. Di negara sakura ini pemain akan berdiri melingkar dan bola akan dioper dari satu kaki pemain ke pemain lainnya. Pastikan untuk tidak menjatuhkan bolanya ke tanah. Lalu di Roma dan Yunani permainan dimainkan dengan dua tim yang nantinya akan saling berhadapan di lapangan berbentuk kotak.

6. Pakaian yang Digunakan

Selanjutnya adalah pakaian yang digunakan. Pada masa permainan bola kuno di Dinasti Han, pakaian yang digunakan adalah pakaian tradisional adat setempat. Para pemain bola ini tidak harus mengganti bajunya, dan bahkan mereka memainkan sepakbola kuno ini dengan tidak memakai alas kaki alias bertelanjang kaki.

Hal ini juga sama dengan Jepang yang tidak menerapkan ketentuan kostum para pemainnya. Hal ini dikarenakan permainan ini sering dianggap hiburan saja dan bukan untuk pertandingan serius. Lain halnya dengan Roma yang ditulis oleh beberapa sejarah yang ada bahwa negara ini telah menggunakan seragam. Mungkin dikarenakan pertandingan ini sering dijadikan tontonan umum.

Berbeda lagi dengan mesoamerican yang pakaiannya dibuat sedikit berbeda dengan pakaian sehari-hari. Tapi belum banyak sejarah yang mencatat sejarah detail bagaimana gaya busana yang digunakan. Namun karena permainan ini pada saat itu bukan hanya sekedar olahraga tapi juga permainan upacara persembahan, maka dipastikan ada kostum tersendirinya.

Itulah tadi beberapa sejarah sepakbola kuno yang tercatat ada di dunia. Ternyata usia sepakbola sudah sangat tua dan sudah ada sejak zaman sekarang. Meski permainan kuno tapi sepakbola terus dikembangkan dan dimainkan oleh berbagai generasi bahkan sampai sekarang. Mungkin karena hal tersebutlah permainan ini masih tetap ada.

You May Also Like

About the Author: Hellen Yost